Monday, May 9, 2016

Cara Memilih Pasir Bermutu Baik

Bahan bangunan adalah komponen yang menentukan untuk kualitas bangunan nantinya. Begitu juga bahan bangunan pasir, bahan ini sering digunakan untuk plesteran, spesi pasangan, bahan untuk beton, untuk lapisan sebelum lantai kerja dan kegunaan lainnya. Untuk itu kami sajikan bagaimana cara mengecek atau memilih pasir bermutu baik secara praktis.

Mengapa kita harus memilih pasir yang bermutu baik?. Yap, tentu saja agar bangunan bisa tahan lama dan baik kualitasnya. Ada beberapa cara mengecek pasir bermutu baik.

Pertama, menggunakan wadah yang diisi air dan pasir. Apabila air di atas pasir keruh maka pasir bermutu tidak baik, sebaliknya apabila air diatas pasir jernih maka pasir bermutu baik.

Kedua, menggunakan tangan. Genggam pasir yang akan dicek, kemudian buka. Apabila terjadi gumpalan maka pasir bermutu tidak baik, sebaliknya apabila pasir tidak menggumpal maka pasir pasti bermutu baik.

Ketiga, menggunakan kain katun atau yang berpori kecil. Apabila pasir yang dilemparkan ke bahan kain membekas kotor maka pasir bermutu tidak baik, sedangkan apabila pasir tidak membekas pada kain maka pasir bermutu baik.

Keempat, menggunakan saringan kawat ukuran 5x5 mm dan  0,15x0,15 mm. Apabila pasir lewat disaringan 5x5 mm semua dan tidak lewat semua di saringan 0,15 maka pasir bermutu baik. 

Itulah beberapa cara untuk mengetahui apakah bahan material pasir bermutu baik apa tidak. Sekian, terimakasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, mari terus berkarya